sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Rekomendasi Itinerary Bangkok 4 Hari 3 Malam (Searah)

Bangkok, Ibukota Thailand adalah salah satu tujuan wisata terkenal di Asia Tenggara. Berlibur ke Bangkok menjadi pilihan tepat untuk wisatawan yang senang mengexplore keindahan tempat-tempat wisata sejarah, kuliner dan belanja. Dengan kekayaan budaya, kuliner yang lezat, pusat perbelanjaan dan kehidupan malam yang semarak, Bangkok menawarkan paket lengkap bagi para wisatawan.

Liburan ke Bangkok sedang digandrungi para wisatawan, termasuk dari Indonesia. Jika datang ke Bangkok, jangan heran kalau kamu akan menemukan banyak sekali orang Indonesia. Hampir di setiap penjuru Bangkok kamu akan menemukan orang Indonesia. Di tempat-tempat wisata, resto atau tempat kuliner dan tentu saja di tempat belanja, lagi pada belanja jastip. Hehehe.

Rekomendasi Itinerari Bangkok 4 Hari 3 Malam

Itinerari Untuk Keliling Bangkok 4 Day 3 Night Pake Transportasi Umum

Selain lengkapnya paket wisata yang bisa dinikmati para wisatawan di Bangkok, sistem transportasi umum di Bangkok juga tertara sangat baik sehingga memudahkan para wisatawan.

Di artikel ini saya akan coba buatkan contoh itinerary untuk keliling di Bangkok selama 4 Hari 3 Malam dengan transportasi umum yang searah (untuk efektifitas waktu). itinerary ini cocok untuk kamu yang pertama kali datang ke Bangkok atau kamu ingin mengunjungi landmarks atau wisata-wisata iconic di Bangkok.

Contoh Itinerary Bangkok 4 Hari 3 Malam
Itinerary Bangkok 4 hari 3 malam

Kurang lebih itulah itinerari yang bisa saya rekomendasikan. Itinerari ini sudah diurutkan berdasarkan lokasi yang searah dan dengan waktu yang realistis sesuai pengalaman pribadi, tidak terlalu mepet juga tidak terlalu panjang, pas lah. Tapi, silahkan modifikasi sesuai selera, ya!

Sebelum saya berikan informasi lebih lanjut tentang masing-masing destinasi, saya sarankan kamu untuk mencari akomodasi (hotel atau hostel) di lokasi-lokasi strategis. Seperti Pratunam area, Sukhumvit area atau Silom. Lokasi-lokasi tersebut berdekatan dengan tempat-tempat iconic Bangkok, dan yang paling penting dekat dengan pusat transportasi. Jangan terkecoh dengan harga akomodasi yang murah, namun berada jauh dari pusat kota. Sepengalaman saya, waktu yang dihabiskan di jalan beserta ongkos bolak-balik ke penginapan yang jauh itu, setara dengan harga akomodasi pusat kota yang lebih mahal dikit.

Hari Pertama (Itinerary Bangkok 4D3N)

  • Siang - Sore: Wat Arun dan Chao Phraya River)

    Jika kamu tiba di Bandara Bangkok pagi menjelang siang. Kamu butuh waktu untuk tiba di kota dan check in hotel. Tidak perlu membuang waktu, setelahnya, kamu bisa langsung menuju destinasi wisata pertamamu, yaitu Wat Arun.

    Mengapa Wat Arun? Alasannya selain karena Wat Arun adalah salah satu wisata paling terkenal di Bangkok, juga karena tempat ini cocok untuk dikunjungi saat matahari turun dan terbenam. Pemandangan cahaya yang memantul dari mozaik porselen sangat mempesona pada saat itu. Wat Arun, atau yang dikenal sebagai Kuil Fajar, adalah salah satu kuil paling ikonik dan menakjubkan di Thailand. Nama "Arun" sendiri berasal dari dewa Hindu Aruna, yang melambangkan fajar. Salah satu daya tarik Wat Arun adalah menara utamanya yang menjulang tinggi, atau prang, yang dihiasi dengan mozaik porselen warna-warni.

    Info Wat Arun Bangkok
    Wat Arun

    Wat Arun terletak tepat di tepi barat sungai Chao Phraya, sungai utama sepanjang 372 KM yang mengelilingi Thailand, khususnya Bangkok. Untuk sampai di Wat Arun bisa menggunakan kapal feri. Kamu bisa naik kapal dari dermaga manapun yang ada di Bangkok, dengan tujuan Wat Arun. Saya sarankan untuk naik dari fery terminal Sathorn yang terkoneksi dengan stasiun BTS Saphan Taksin. Tarif fery dari dermaga Sathorn ke Wat Arun hanya 30 Baht atau setara 15 ribuan. Untuk HTM Wat Arun sendiri adalah 200 Baht atau setara 90 ribuan. Jangan lupa kenakan pakaian yang sopan menutupi bahu dan lutut, karena Wat Arun adalah salah satu tempat suci dan memiliki makna religius yang mendalam bagi masyarakat Thailand.

    Setelah dari Wat Arun, kamu bisa lanjut untuk menjelajahi sungai Chao Phraya dengan kapal fery. Jika berminat, kamu bisa mengambil paket sunset atau diner cruise menggunakan kapal khusus. Biayanya mulai dari 200 - 500 ribuan, sudah include makan malam buffet all you can eat. Jikapun tidak, kamu tetap bisa menjelajahi sungai Chao Phraya mandiri dengan kapal komersil.

    Itinerary Bangkok 4 Hari 3 Malam
    Kapal Untuk Paket Sunset dan Dinner. Gambar: www.klook.com
  • Petang - Malam : Icon Siam dan Asiatique

    Masih di tepi sungai Chao Phraya, setelah dari Wat Arun kamu bisa naik fery dengan tujuan ICON SIAM. ICONSIAM adalah salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan terbesar di Bangkok, Thailand. Tempat ini sering dijadikan tujuan para wisatawan untuk berbelanja maupun sekedar jalan-jalan. Lokasinya masih berada di tepi barat sungai Chao Phraya sehingga sangat indah saat matahari terbenam dan malam hari.

    Informasi Tentang Icon Siam Bangkok
    ICONSIAM. Gambar: www.tripsavvy.com

    Selain lokasinya yang menghadap langsung ke sungai, daya tarik dari ICONSIAM adalah air mancur multimedia terbesar di Asia Tenggara, yang dikenal sebagai "ICONIC Multimedia Water Feature." Pertunjukan ini menggabungkan cahaya, suara, dan air untuk menciptakan pengalaman visual yang memukau.

    Jika sudah puas jalan-jalan dan belanja di ICONSIAM kamu bisa lanjut ke tepi timur sungai yaitu mengunjungi Asiatique The Riverfront untuk makan malam. Asiatique adalah sebuah kompleks hiburan malam yang menawarkan berbagai restoran, toko, dan hiburan. Kamu bisa menutup petualangan hari pertama dengan menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan sungai Chao Phraya yang indah.

    Info Asiatique The Riverfront
    Asiatique The Riverfront. Gambar: www.cktravels.com

Hari Kedua (Itinerari Bangkok 4 Hari 3 Malam)

  • Pagi: Grand Palace

    Hari kedua di Bangkok, kamu bisa memulai petualangan kamu dengan mengunjungi Grand Palace, salah satu landmark paling terkenal di Bangkok. Kompleks istana ini adalah rumah bagi Wat Phra Kaew, kuil Buddha yang sangat dihormati. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sopan karena tempat ini adalah situs religius.

    Info Grand Palace Bangkok
    Grand Palace. Gambar: www.tripsavvy.com

    Grand Palace pernah menjadi kediaman resmi Raja Thailand dan pusat pemerintahan selama lebih dari 150 tahun. Kompleks istana ini mencakup area seluas 218.000 meter persegi dan terdiri dari berbagai bangunan, aula, paviliun, taman, dan halaman. Desain arsitekturnya menggabungkan elemen-elemen tradisional Thailand dengan pengaruh Barat yang menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

    Untuk sampai di Grand Palace sangat mudah, bisa menggunakan taksi, tuk-tuk, atau perahu melalui Sungai Chao Phraya dengan turun di dermaga Tha Chang.

  • Siang: Wat Pho

    Puas mengelilingi Grand Palace, kamu bisa lanjutkan ke destinasi berikutnya tidak jauh dari Grand Palace, yaitu Wat Pho. Wat Pho, atau yang dikenal juga sebagai Wat Phra Chetuphon, adalah salah satu kuil terbesar dan tertua di Bangkok, Thailand. Kuil ini terkenal dengan patung Buddha Berbaring raksasa yang merupakan salah satu ikon wisata terkenal di kota ini.

    Info Wat Pho Bangkok
    Wat Pho

    Reclining Buddha atau patung Buddha berbaring yang menjadi daya tarik Wat Pho, memiliki panjang sekitar 46 meter dan tinggi 15 meter, dilapisi dengan daun emas. Posisi Buddha berbaring melambangkan momen ketika Buddha mencapai Nirvana, simbol kedamaian dan pelepasan dari siklus kelahiran kembali. Kaki patung Buddha dihiasi dengan ukiran rumit yang menggambarkan 108 tanda keberuntungan dan simbol agama Buddha, yang dibuat dengan menggunakan mutiara. Patung ini ditempatkan di dalam viharn (aula doa) yang besar, yang memungkinkan pengunjung untuk melihat dan mengagumi detail-detailnya dari dekat.

    Reclining Buddha atau Patung Buddha Berbaring di Wat Pho
    Reclining Buddha atau Patung Buddha Berbaring di Wat Pho
    Patung Buddha di Wat Pho
    Detail Ukiran Kaki Patung Buddha

    Untuk biaya masuk Wat Pho per Mei 2024 adalah 300 Baht atau sekitar 135.000, cukup pricey ya. Hehehe.

  • Sore: Siam Paragon dan MBK Center

    Setelah dari Wat Pho, selanjutnya kamu bisa mencari Mall untuk ngadem dan makan siang. Kalau semalam kamu sudah ke ICONSIAM, hari ini saya sarankan untuk ke Siam Paragon dan MBK Center. Dua pusat perbelanjaan Bangkok yang cukup terkenal dan berada dalam satu area. Selain jalan-jalan dan kuliner di food court sana, kamu juga bisa nyisil berbelanja oleh-oleh. Biasanya para turis akan mencari oleh-oleh di MBK Center.

  • Info MBK Center Bangkok
    MBK Center Bagian Dalam (Mall Rasa Pasar). Gambar: www.renown-travel.com
  • Malam: Chinatown

    Jika malam tiba, Yaowarat atau Chinatown Bangkok berubah menjadi surga makanan dan kuliner. Kamu bisa menutup hari kedua di Bangkok dengan makan malam sambil mencicipi jajanan khas Bangkok yang beraneka ragam.

    Info Chinatown Yaowarat Bangkok
    Chinatown Bangkok Kalau Malam. Gambar: thailand.tripcanvas.co

Hari Ketiga (Itinerary Bangkok 4 Hari 3 Malam)

  • Pagi - Siang: Chatuchak Market

    Hari ketiga di Bangkok dan kebetulan akhir pekan, kamu bisa mengagendakan untuk berburu oleh-oleh atau belanja di pasar terbesar di Thailand yaitu Chatuchak Market. Chatuchak Market, atau dikenal juga sebagai JJ Market memiliki lebih dari 15.000 kios dan mencakup area seluas sekitar 35 hektar. Pasar ini hanya buka di akhir pekan dengan lebih dari 200.000 pengunjung setiap akhir pekannya.

    Info Chatuchak Weekend Market Bangkok
    Chatuchak Weekend Market. Gambar: www.airportels.asia

    Chatuchak Market adalah destinasi wajib bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana pasar tradisional Thailand sekaligus berbelanja berbagai barang unik. Terletak di distrik Chatuchak, bangkok, pasar ini mudah diakses dengan berbagai moda transportasi. Bisa dengan BTS turun di stasiun Mo Chit dan ikuti petunjuk menuju pasar, MRT turun di stasiun Chatuchak Park atau Kamphaeng Phet, Bus, Taksi hingga Tuk-tuk.

  • Sore: central World dan Big C

    Mengunjungi Chatuchak Market akan memakan waktu seharian, percaya deh! Selain kamu akan kalap untuk berbelanja dan melihat-lihat, juga karena lokasi Chatuchak Market lumayan jauh dari kota. Setelah kembali ke kota, kamu bisa mencari Mall untuk jalan-jalan. Kali ini saya rekomendasikan ke Mall Central World, salah satu Mall terbesar di Bangkok.

    Info Central World Mall Bangkok
    Mall Central World. Gambar: www.aroimakmak.com

    Central World juga bersebrangan dengan pusat perbelanjaan makanan paling terkenal di Bangkok yaitu Big C. Jika kamu mencari oleh-oleh dalam bentuk makanan, kamu wajib mengunjungi Big C.

    Info Big C Supercenter Bangkok
    Big C Pusat Oleh-oleh. Gambar: www.bigc.co.th
  • Jodds Fair

    Menjelang malam, kamu bisa mengunjungi pasar malam paling ramai di Bangkok, yaitu Jodds Fair. Pasar malam ini baru dibuka sekitar tahun 2021 dan sudah menjelma menjadi salah satu pasar malam terbaru dan paling trendi di Bangkok, Thailand.

    Info Jodds Fair Rama 9 Bangkok
    Jodds Fair. Gambar: www.cktravels.com

    Jodd Fairs berlokasi di area Rama 9, tepatnya di belakang Central Plaza Grand Rama 9. Lokasinya yang strategis membuat pasar ini mudah diakses oleh berbagai moda transportasi, salah satunya menggunakan MRT dan turun di stasiun Phra Ram 9. Buka setiap hari mulai sore hingga malam.

    Seperti pasar malam pada umumnya, Jodds Fair berisi kuliner-kuliner khas Thailand yang autentik. Selain makanan jalanan (street food), terdapat juga berbagai restoran dan kafe yang menyajikan hidangan internasional dan lokal. Jodd Fairs juga memiliki berbagai kios yang menjual minuman segar, jus buah, dan camilan manis seperti roti bakar, pancake, dan es krim.

Hari Keempat (Itinerari Bangkok 4 Hari 3 Malam)

  • Pagi-Siang: Pratunam Area

    Hari terakhir di Bangkok. Saya asumsikan kalian flight kembali ke tanah air sore atau malam hari, sehingga masih memiliki waktu untuk berkeliling menikmati Bangkok. Di hari terakhir ini, saya rekomendasikan untuk bekeliling di area Pratunam saja. Karena sejak kemarin belum ada jadwal ke Pratunam, sedangkan Pratunam Area adalah lokasi wajib para turis yang ke Bangkok.

    Di Pratunam area teman-teman bisa kulineran juga berbelanja. Banyak stand makanan di area pratunam termasuk street food Thailand. Kemudian bisa melengkapi oleh-oleh di pasar atau di Platinum Mall atau di Desember's (khusus pakaian wanita. Jangan lupa juga untuk mengunjungi toko skincare paling terkenal dan terlengkap di Thailand yaitu Tofu Skincare. Semua lokasinya saling berdekatan, hanya perlu berjalan beberapa ratus meter saja.

    Contoh Itinerary Bangkok Searah
    Jarak Pratunam, Platinum, December's dan Tofu Skincare

Penutup

Bangkok, ibu kota Thailand, adalah kota yang penuh dengan kehidupan, budaya yang kaya, dan atraksi yang beragam. Mulai dari kuil-kuil megah hingga pasar malam yang ramai, Bangkok menawarkan sesuatu untuk setiap jenis wisatawan.

Itinerary di atas adalah rekomendasi untuk kamu yang ingin menikmati keindahan, keunikan, dan keragaman Bangkok dalam waktu 4 hari 3 malam. Sebenarnya masih banyak lokasi lain yang tidak dimasukan karena keterbatasan waktu. Namun jangan khwatir, saya akan berikan rekomendasi tambahan seputar Bangkok untuk kamu memodifikasi itinerimu.

Catatan

Berikut beberapa informasi penting dan tambahan yang bisa saya bagi dari pengetahuan saya seputar Thailand juga dari pengalaman pribadi berkunjung kesana.

  • Transportasi Umum: BTS Skytrain, MRT, taksi online, tuk-tuk, perahu sungai Chao Phraya.
  • Tips transportasi: Transportasi umum dan jalanan bisa sangat sibuk selama jam sibuk (07.00-09.00 dan 17.00-19.00).
  • Tempat Wisata Kuil Bersejarah: Grand Palace dan Wat Phra Kaew, Wat Pho, Wat Arun.
  • Sopan Santun di Kuil: Pakaian sopan menutup bahu dan lutut, melepas sepatu ketika masuk kuil, jangan menyentuk patung dan hindari berpose tidak hormat.
  • Tempat Wisata Belanja: Chatuchak Weekend Market, MBK Center, Siam Paragon, Pratunam, Platinum Mall, December's, Tofu Skincare, Mall lainnya (Icon Siam, Central World).
  • Tempat Wisata Hiburan dan Aktivitas: Bangkok Art and Culture Centre (BACC), Jim Thompson House, Sky Bar di Lebua State Tower, Khaosan Road, Lumpini Park, Vimanmek Mansion.
  • Tempat Wisata Kuliner dan Street Food: Yaowarat (Chinatown), Jodds Fair, Khao San Road, Terminal 21, Pasar Pratunam, Ratchawat Market, Asiatique The Riverfront.
  • Makanan Khas Thailand: Mango sticky rice, tomyum, pad thai, som tum, thai tea.
  • Tips Keselamatan: Selalu jaga barang bawaan, waspadai penipuan taksi tanpa meteran atau tuk-tuk yang mematok harga terlalu tinggi.
  • Interaksi Sosial: Senyum adalah bagian penting dari budaya Thailand dan sering digunakan dalam berbagai situasi sosial.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai. Senang bisa berbagi info dengan teman-teman semua. Semoga informasi tentang itinerary Bangkok 4 Day 3 Night ini bisa menjadi referensi khususnya bagi teman-teman yang ingin berwisata di Bangkok, Thailand tapi masih bingung akan kemana. Sekarang sudah tidak bingung lagi, kan? Selamat menikmati Bangkok yang menyenangkan!

Posting Komentar

Posting Komentar